Sinopsis Remaja

Sinopsis Novel Remaja Diary Minni

 Miky adalah seorang remaja yang berbeda dari kebanyakan remaja seusianya. Saat temantemannya berhura-hura, nonton film, main game, atau pacaran, Miky lebih senang membaca bukubuku yang berat seperti buku sastra, filsafat, dan agama. Ia juga membaca karya-karya sastra di koran Minggu. Miky juga senang mengungkapkan isi hatinya dengan menulis puisi. Sahabat-sahabatnya sering mengolok-oloknya, bahkan mau mencarikan pacar untuk Miky, tapi Miky lebih asyik dengan dunianya.

Pada suatu hari Sabtu, terjadi dua peristiwa penting dalam kehidupan Miky. Ketika pulang sekolah, Miky bertabrakan dengan Meggy, cewek cantik, kaya raya, pintar, dan menjadi primadona di sekolahnya. Sehabis dimaki-maki Meggy, waktu sampai di gerbang, tiba-tiba dia kejatuhan sebuah buku yang menimpa kepalanya. Ternyata sebuah buku berwarna hitam dengan tulisan kuning emas Diary Minni. Oleh karena tidak ada yang mengambil buku itu, Miky membawanya pulang.

Malam Minggu, ketika sahabat-sahabatnya bermalam mingguan dengan cara masing-masing, Miky terpukau membaca Diary Minny itu. Buku itu penuh dengan puisi, esai, dan aforisme-aforisme. Miky merasa, ia telah menemukan gadis yang selama ini ia cari. Gadis yang suka menulis puisi, suka berpikir, dan suka mengekspresikan dirinya. Minggu pagi, Miky menemukan sajak Minni dimuat di sebuah koran terkemuka. Miky semakin yakin bahwa Minni bukan orang sembarangan.Miky semakin penasaran. Ia memutuskan untuk mengembalikan buku itu besok.

Sementara itu, Meggy begitu terkesan dengan sikap Miky yang cuek. Selama ini, Meggy dikejar-kejar banyak cowok karena memandang kecantikannya atau kekayaan orang tuanya. Miky lain. Miky sama sekali tidak tertarik dengan fisik. Miky punya sikap beda dengan cowok pada umumnya. Hal inilah yang membuat Meggy tertarik kepada Miky. Lalu, Minggu malam itu dia menelepon Miky, minta agar Miky mau menemuinya di sekolah, besok.

Senin pagi, meski terlambat, Miky menemui Meggy, yang segera mengungkapkan perasaannya. Tapi Miky tak tergoda. Meggy sangat kecewa. Waktu istirahat, Miky kalang kabut mencari Minni. Tapi tak berhasil menemukannya. Ia justru ketemu Meggy lagi. Meggy mengumumkan kepada teman-temannya bahwa Miky adalah pacarnya. Tindakan ini membuat celaka Miky. Beberapa anak yang naksir Meggy mengeroyoknya seusai sekolah. Untunglah dia ditolong Bonar.

Meggy kaget melihat Miky babak belur. Tapi, Miky tak menggubrisnya. Ia lari ke lantai dua, lalu berteriak-teriak memanggil Minni. Miky tidak tahu, saat itu Minni masih ada di sana. Minni tetap menyembunyikan identitasnya. Ia meminta temantemannya agar merahasiakan keberadaannya. Minni ternyata gadis terasing dari pergaulan teman-temannya. Seorang gadis yang wajah serta fisiknya tidak menarik, tapi isi pikirannya sangat luar biasa.

Sinopsis Remaja Yang Masih di Bawah Umur

Berkisah tentang dinamika kehidupan remaja di bawah umur, yang berpusat pada keluarga Tiara (Nasya Marcella), gadis belia yang cantik, pintar dan berprestasi di sekolahnya. Karena orang tuanya bercerai, ia pun harus pindah ke Jakarta dan tinggal bersama ayahnya, Harris (Teddy Syach) dan kedua adiknya, Rendy (Ray Prasetya) dan Putri (Andy Nadya). Sedangkan mamanya, Nadia (Vonny Cornelia) terus berusaha untuk mendapatkan hak asuh atas ketiga anaknya.

Kehidupan keluarganya yang berantakan membuat Tiara dan adik-adiknya harus berbesar hati dan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Di rumah, mereka sudah cukup direpotkan dengan sikap ayahnya yang memaksakan diri untuk bisa menjadi ayah sekaligus ibu yang bisa mengurus anak-anaknya. Harri pun bersikap sangat protektif, karena ia menganggap anak-anaknya masih di bawah umur, sehingga belum memahami masalah keluarga yang mereka hadapi.

Rendy dan Putri cukup cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah barunya. Mereka pun langsung mendapat teman akrab dan disukai di sekolahnya. Berbeda dengan Tiara yang cukup direpotkan dengan sikap teman-teman barunya. Terutama sikap Cherry (Natasha Wilona) yang dulu pernah menjadi rivalnya saat tanding cheers ketika ia masih aktif di sekolah lamanya

Belum lagi sikap Samudra (M. Sidik Edward), yang sering mengganggunya, yang sekaligus membuat Cherry semakin membenci Tiara, karena Cherry sangat menyukai Samudra. Bahkan saat Tiara ingin bergabung dengan tim cheers sekolah, Cherry dan teman-teman satu gengnya berusaha mencari cara untuk menggagalkannya.

Samudra yang tidak suka melihat tingkah laku Cherry pun berusaha membantu Tiara, karena Samudra pada dasarnya senang menolong. Walaupun cucu orang kaya, ia tidak pernah bersikap sombong dan bergaya sederhana. Lambat laun Tiara melihat bahwa Samudra adalah anak yang baik walaupun jahil, ia pun akhirnya berteman baik dengan Samudra.

Bagaimanakah kelanjutan kisah para remaja yang masih di bawah umur ini?

Selain artis-artis belia pendatang baru, Donny Damara, Putri Patricia, Jeremy Thomas, dan Rudy Salam juga turut mendukung sinetron ini. Yang Masih Di Bawah Umur disutradarai oleh Subakti I.S. Cerita dan skenario dipercayakan pada Mega Emmela yang pernah membesut Anugerah dan Karunia.

Sinopsis Remaja Totto-chan Gadis Cilik di Jendela

Guru-guru di sekolah , menganggap Totto-chan nakal . Padahal gadis cilik periang itu hanya memiliki keingin tahuan yang besar. Totto-chan akhirnya dikeluarkan dari sekolah dengan alasan selalu membuat keributan di kelas. Seperti memanggil para pemusik jalanan yang langsung membuat para murid ribut, hingga masalah laci Totto-chan yang selalu dibuka ratusan kali dan ditutup dengan cara dibanting.

Mama tak bisa berbuat apa-apa selain menyekolahkan anaknya ke sekolah lain tanpa memberitahu apa yang terjadi padanya. Mama pun mendaftarkan Totto-chan ke Tomoe Gakuen. Totto-chan senang sekali, di sekolah itu para murid belajar didalam gerbong kereta sebagai pengganti ruang kelas. Ia bisa belajar sambil melihat ke halaman seolah-olah sedang melakukan perjalanan naik kereta

Di sekolah Tomoe, para murid bebas memilih urutan pelajaran yang mereka sukai. Kepala sekolah juga menetapkan makan siang dengan membawa sesuatu dari laut dan sesuatu dari gunung. Karena sekolah itu begitu unik, Totto-chan pun merasa kerasan.

Hari demi hari dilewati Totto-chan dengan kegembiraan dan penistiwa yang tak terduga. Sampai sampai,ia juga anak lainnya tak menyadari bahwa Perang Pasifik sudah pecah – Sampai kemudian, perang dan segala kengeriannya telah mulai terasa di kehidupan Totto-chan dan keluarganya. Setiap hari, pana pria dan pemuda di sekitar tempat dikirim pergi untuk berperang.

Hingga beberapa hari kemudian, Tomoe terbakar! Semuanya terjadi pada malam hari. Banyak bom yang dijatuhkan pesawat B29 menimpa gerbong-gerbong keias. Sekolah Tomoe sudah tak ada. Api berkobar menghancurkan semuanya. Totto-chan tak pernah tahu bagaimana perasaan kepala sekolah saat melihatnya, tapi yang ia tahu hatinya merasa sesak saat tahu keinginannya untuk menjadi guru di Tomoe telah hancur.

Sinopsis Remaja Dealova

Ibel (Evan Sanders) adalah cowok ganteng teman Iraz. Dan Dira (Benjamin Joshua) adalah ketua basket di sekolah. Mereka berdua sama-sama jatuh cinta pada Karra (Jessica Iskandar), adik Iraz (Rizky Hanggono), ketua basket di sekolah Dira.

Dira dan Ibel jatuh cinta dengan cara yang berbeda. Dira selalu bersikap angkuh dan ketus. Sedangkan Ibel selalu bersikap penuh perhatian dan sayang pada Karra. Akan tetapi, bukan dengan Ibel akhirnya Karra pacaran, tetapi dengan Dira. Sungguh tidak adil.

Apalagi kemudian kebahagiaan Karra seperti terancam pupus ketika kemudian diketahui bahwa karena sakitnya, Dira tidak akan lama lagi menjalani umurnya. Akankah, Ibel mampu merebut perhatian dan cinta Karra dalam kesempatannya yang kedua ?

Difilmkan dari sebuah novel yang ditulis oleh seorang anak remaja SMP yang segera menjadi best seller (hingga sekarang sudah mencapai lebih dari 10 kali cetak ulang sejak cetakan pertamanya bulan Mei 2004 ), Dealova adalah kisah yang mewakili bukan saja persoalan remaja dalam memaknai peristiwa-peristiwa yang dialaminya, akan tetapi juga impian mereka akan cinta, kasih sayang dan pesahabatan. Ditambah dengan pernak-pernik dunia band dan basket yang telah menjadi bagian yang populer dari kehidupan anak-anak muda.

Kepiawaian Dealova dalam menggambarkan pernak pernik kehidupan remaja yang diwakilinya telah membuat kisah tentang Karra ini bacaan yang menjadi bacaan ‘wajib? remaja Indonesia saat ini. Karra adalah ikon remaja berikutnya setelah Lupus dan Si Boy di era 80-an. Dan yang membuatnya menjadikan Dealova amat berbeda adalah bahwa Karra mewakili dunia remaja putri Indonesia, yang bisa dibilang adalah pertama kalinya dalam keberadaan bacaan popular di Indonesia. Dealova adalah teenlit-nya Indonesia.

Sinopsis Remaja Cinta Bersemi di Putih Abu-Abu

Luna (Jessica Anastasya, pemeran Eneng dan Kaos Kaki Ajaib yang kini remaja) berasal dari keluarga sederhana. Ibunda Luna memiliki sebuah warung, sementara sang ayah bekerja sebagai tukang jahit yang lokasinya terletak dekat SMU Antara, SMU paling bergengsi di Jakarta. Kisah berawal ketika Luna hendak mengantar minuman untuk guru-guru di SMU Antara, tiba-tiba Luna melihat seorang siswi hendak bunuh diri dengan melompat dari lantai 5.

Rupanya gadis itu stres lantaran menjadi korban perlakukan kasar geng R4 (Rich Four). Karena Luna berjasa menyelamatkan anak itu, pihak sekolah memberikan balasan berupa beasiswa untuk bersekolah di SMU tersebut.

Luna awalnya menolak. Tapi karena didesak keluarga, Luna akhirnya menerima tawaran itu. Hari pertama bersekolah di sana, Luna berusaha menghindari konfrontasi dengan R4 sesuai dengan amanat orangtuanya.

Geng R4 terdiri dari Alex (Rizky Nazar), Billy (Kevin Lukas), Leo (Febrian Putra), dan Julian (Putra Dinata). Mereka anak-anak orang kaya, ganteng, keren, dan paling berkuasa di SMU Antara. R4 terkenal akan kelakuannya yang kasar pada siapapun. Sering kali menggunakan kekuasaan untuk meneror siswa lemah atau orang-orang yang tidak suka pada R4.

Pada awalnya, Alex, ketua R4 hendak bertemu Luna. Tapi gadis itu cuek dan tidak peduli akan kedatangan Alex. Ini malah membuat Alex penasaran. Bahkan mulai tumbuh rasa suka pada Luna.

Jika Alex cenderung kasar, maka Billy justru kerap melindungi Luna. Alex cemburu melihat kedekatan Billy-Luna. Luna sebenarnya suka pada Billy, tapi memilih mengubur perasaannya karena tahu Dara, temannya, suka pada cowok cool itu.

Sinopsis Remaja Laskar Pelangi

Sinopsis Novel Laskar Pelangi ini takan bernilai manfaat apa-apa, kecuali kawan-kawan mau belajar untuk mandiri dan bersungguh-sungguh dalam mencapai cita-cita.
Coba mulailah mencari peluang beasiswa kuliah di luar negeri dan belajar tentang hal-hal baru seperti nanotechnology.

Laskar Pelangi adalah sosok teladan, selama kita juga mau peduli dengan keadaan sekitar. Seperti pelangi yang hadir selepas hujan. Mulailah dari sekarang!!

Cerita terjadi di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitong Timur. Dimulai ketika sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jikalau tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak. Ketika itu baru 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, akan tetapi tepat ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak berpidato menutup sekolah, Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah kecil itu.

Mulai dari sanalah dimulai cerita mereka. Mulai dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka yang luar biasa di mana A Kiong yang malah cengar-cengir ketika ditanyakan namanya oleh guru mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh yang dilakukan oleh Borek, pemilihan ketua kelas yang diprotes keras oleh Kucai, kejadian ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, sampai pertaruhan nyawa Lintang yang mengayuh sepeda 80 km pulang pergi dari rumahnya ke sekolah!

Mereka, Laskar Pelangi – nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka terhadap pelangi – pun sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai cara. Misalnya pembalasan dendam Mahar yang selalu dipojokkan kawan-kawannya karena kesenangannya pada okultisme yang membuahkan kemenangan manis pada karnaval 17 Agustus, dan kejeniusan luar biasa Lintang yang menantang dan mengalahkan Drs. Zulfikar, guru sekolah kaya PN yang berijazah dan terkenal, dan memenangkan lomba cerdas cermat. Laskar Pelangi mengarungi hari-hari menyenangkan, tertawa dan menangis bersama. Kisah sepuluh kawanan ini berakhir dengan kematian ayah Lintang yang memaksa Einstein cilik itu putus sekolah dengan sangat mengharukan, dan dilanjutkan dengan kejadian 12 tahun kemudian di mana Ikal yang berjuang di luar pulau Belitong kembali ke kampungnya. Kisah indah ini diringkas dengan kocak dan mengharukan oleh Andrea Hirata, kita bahkan bisa merasakan semangat masa kecil anggota sepuluh Laskar Pelangi ini!

Sinopsis Remaja Laskar Pelangi

Sang Pemimipi adalah novel yang menceritakan perjuangan tiga anak Belitong yang tinggal disebuah kampung Melayu. Mereka berjuang untuk meraih mimpi-mimpi mereka. Meskipunmereka hidup ditengah kemiskinan, mereka tidak mempedulikannya. Mereka mempunyai semangat yang membara, semangat yang tidak bisa diredam oleh apapun untuk meraih mimpi-mimpi mereka. Sang Pemimpi itu adalah Ikal, Arai, dan Jimbron. Bagi mereka mimpi adalah energi bagi kehidupan mereka masa kini untuk melangkah menuju masa depan yang mereka cita-citakan.

Arai sebenarnya masih memiliki hubungan darah dengan Ikal. Dia sejak kecil sudah menjadi yatim piatu. Karena Arai tidak memiliki saudara lagi, maka dia diasuh oleh orang tua Ikal. Bagi ikal, Arai adalah saudara sekaligus sahabat terbaiknya. Jimbron, dia adalah sosok yang rapuh. Dia berbicara dengan gagap semenjak ayhnya meninggal dunia. Jimbron sangat terobsesi dengan kuda, karena diBelitong saat itu belum ada kuda. Jimbron memiliki kisah yang unik dengan obsesinya terhadap kuda. Anda akan merasa terhibur dengan tingkah Jimbron. Bagaimana kisah ketiga anak tersebut ? untuk mengetahui jawabannya bacalah novel Sang Pemimpi.

Setelah lulus SMP, mereka pergi merantau ke Magai untuk melanjutkan sekolah. Saat itu PN Timah Belitong sedang dalam keadaan terancam kolaps, sehingga di Belitong terjadi gelombang PHK besar-besaran. Akibatnya, banyak anak-anak yang tidak dapat melanjutkan sekolah. Mereka bertiga melanjutkan sekolah dengan biaya dari hasil bekerjanya, mulai dari penyelam dipadang golf, affice boy disebuah kantor pemerintah, hingga akhirnya bekerja sebagai kuli ngambat. Mereka tinggal bersama dalam sebuah los kontrakan.

Novel ini menceritakan kisah memoar kehidupan Ikal, Arai, dan Jimbron dalam mewujutkan impian mereka. Semua kisahnya tersaji dalam 18 mozaik yang tidak terlalu panjang. Ada beberapa kisah yang menggugah, namun ada juga beberapa kisah yang lucu. Seperti pada mozaik bioskop, yang menceritakan kenakalan Ikal dan kedua sahabatnya. Selain itu, disela-sela kisah ketiga pemimpi yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi, pembaca juga akan disuguhi potret landskap pulau Belitong lengkap dengan kondisi sosialnya.

Sinopsis Remaja Ambilkan Bulan

Amelia (Lana Nitibaskara), gadis cilik berusia 10 tahun yang kesepian. Ratna (Astri Nurdin), ibunya, kelewat sibuk bekerja sebagai manajer HRD di sebuah perusahaan swasta di Jakarta. Dia nyaris tidak punya waktu untuk putri satu-satunya itu. Setelah kematian suaminya (Agus Kuncoro), Ratna praktis menjadi orang tua tunggal yang harus menafkahi keluarga. Seluruh waktunya dihabiskan untuk bekerja.

Amelia yang merasa tidak diperhatikan akhirnya mencari teman dan kesibukan sendiri lewat situs jejaring sosial Facebook, yang mempertemukannya dengan Ambar, sepupunya. Ketika liburan tiba, Amelia memutuskan mengunjungi Ambar di desanya.

Di sana, untuk pertama kalinya Amelia berjumpa dengan keluarga besar ayahnya. Untuk pertama kalinya pula, Amelia merasakan hidup di desa yang sangat berbeda dengan Jakarta.

Setiap hari, bersama Ambar dan teman-temannya (Pandu, Kuncung, dan Hendra), Amelia menjelajah seluruh desa. Hingga pada suatu hari, mereka masuk terlalu jauh ke dalam hutan di tepi desa dan tersesat.

Hutan itu terkenal angker karena di dalamnya tinggal Mbah Gondrong (Landung Simatupang) yang konon berteman dengan jin dan suka memangsa anak-anak.

Sinopsis Remaja Ratu Preman

Sebagai gadis remaja yang sedang tumbuh, cinta adalah hal yang didambakan Aurora Estella. Mengimpikan romantisme cinta membuatnya berada di awang-awang. Dia membayangkan akan dapat berdampingan dengan sosok pemuda tampan, keren dan romantis. Namun kenyataan berbicara lain. Yang naksirnya, kebanyakan adalah preman, pemalak, juga para pecundang seperti Darwin.

Auro sedikit lega ketika ada cowok keren bernama Edward dan Justin memasuki kehidupannya. Saking nervous-nya, Auro sampai sakit perut, yang membawanya pada kisah dengan Troy, kawan sekelasnya. Pak guru Randi yang meminta Troy Adrian memapah Auro hingga ke ruang UKS untuk mendapatkan perawatan. Tentu saja teman sekelasnya heboh. Apalagi Troy tanpa ragu dan dengan bermuka badak menyebut ‘’sayang’’ di depan seisi kelas.

Bukan tak ada alasan Auro gusar pada kehadiran Troy. Lelaki ini sangat norak sehingga membuatnya selalu ingin muntah. Tapi Troy tak pernah menyerah. Bagaimana dengan Edward? Auro sangat terpikat padanya. Keren dan cool. Namun kenyataan belakangan berkata lain. Ternyata Edward tak lebih baik dari semua lelaki yang memasuki kehidupan Auro. Edward, yang berbeda sekolah ternyata hanya tampak luar sebagai pria keren. Edward sama saja, raja preman di sekolahnya. Begitu juga Justin. Empat pria yang memasuki kehidupan Auro tak ubahnya sebagai raja preman yang memiliki cara hidupnya sendiri. Lalu apa reaksi Auro? Tentu dia pusing. Apalagi Aura, saudaranya sering meledeknya sebagai ratu preman. Kenyataannya, ia telah masuk ke sarang para preman.

Di antara sekelumit kisah cintanya dengan empat pria, Auro terus menimbang-nimbang siapa yang akan menjadi gebetannya. Atau apakah ia harus menolak semuanya dan melepaskan diri dari dunia preman itu? Di tengah prahara cintanya yang lucu dan unik, Auro terjebak pada petualangan yang menakutkan. Ia terjebak dalam konspirasi membekuk gembong narkoba, dalam sebuah rencana yang membingungkan. Ada rekan yang menjadi musuh, ada bahaya dalam cinta. Dalam kepanikannya, Auro jadi mendalami hati dan cintanya. Dia jadi memahami, siapa sesungguhnya belahan hatinya.

Novel teenlit ini memang menyajikan petualangan kisah cinta remaja yang mengasyikkan. Kisahnya cukup unik dan menarik. Alurnya cepat dan penuh kejutan. Ditulis dengan gaya humoris yang memikat dan tidak membosankan oleh dua penulis yang berbeda. Donna adalah penulis yang sudah biasa pada genre teenlit, bahkan sudah melahirkan 15 novel. Sebaliknya Lexie baru memulai dengan Ratu Preman ini. Namun kolaborasi keduanya cukup apik dan jadilah novel ini sebagai bacaan yang cukup menarik.

Sinopsis Remaja In Hana’s Eyes – My Favourite Mistake

Papa Hana memberi pilihan pertama kepadanya yaitu harus jurusan Teknik Mesin. Tetapi Hana menolaknya, karena Hana memilih jurusan Akutansi. Papa Hana membolehkan tetapi jurusan Akutansi menjadi pilihan kedua dan pilihan pertama tetap jurusan Teknik Mesin. Hana tetap menolak, karena di Teknik Mesin isinya cowok semua, Hana menyuruh Papanya yang masuk Teknik Mesin karena memaksa Hana terus-terusan. Hana berharap tidak lolos Teknik Mesin dan Papanya tidak akan memberi uang saku lagi seumur hidup jika tidak lolos.

Enam bulan kemudian. Doa orangtuanya terkabul, ia menjadi Mahasiswi jurusan Teknik Mesin disalah satu Universitas di Jakarta. Namanya Hanacaraka Datasawala Padhajayanya Magabatanga. Nama itu pemberian dari kakeknya. Kalian bisa memanggilnya dengan nama apa saja, “ Hana”, “Naca”, “Cara”, “Data”, ataupun “Nya”. Ia memiliki hobi menulis, membaca komik jepang (manga), dan menonton anime. Berbicara tentang masalah keterpaksaan mengambil jurusan Teknik Mesin, awalnya ia merasa apa yang ia lakukan adalah kesalahan besar. Tetapi entah sejak kapan kesalahan itu sudah tidak ia anggap.

Tiba-tiba terdengar suara seseorang dari belakang yang memanggil Hana. Ia menoleh dan dihadapannya ada seorang cowok berkacamata bulat dengan rambut berantakan yang sedang terengah-engah. Cowok itu mencari Hana untuk mengajaknya ke Java Café, tetapi Hana hampir lupa akan perjanjian dengan sahabatnya untuk pergi ke Java Café ditraktir Ridwan. Ternyata Hana sudah ditunggu sahabatnya di lapangan parkir disebrang gedung kampus. Hana langsung mengambil tasnya dan bergegas menuju lapangan parkir. Sekarang Hana ingat, kapan tepatnya ia merasa tidak keberatan masuk jurusan Teknik Mesin, bahkan ia menganggap sebagai “MY FAVOURITE MISTAKE”, yaitu semenjak ia bertemu dengan empat orang temannya ini. Semua akibat dari hukuman yang harus ia terima akibat terlambat datang OSPEK karena terlalu malas bangun pagi. Ternyata selain Hana, masih ada empat orang pada hari itu yang mengalami nasib serupa. Akhirnya mereka diharuskan membantu penjaga gedung membersihkan toilet kampus seharian penuh, sungguh kejamnya. Tapi sejak kejadian itu mereka menjadi sahabat dan tak terpisahkan sampai dengan sekarang.

Sinopsis Novel Remaja Perahu Kertas Dewi Lestari

Kugy adalah gadis mungil yang hobi berkhayal. Dia sangat suka menulis dongeng yang bagi orang lain merupakan hobi yang tak lazim. Belum lagi kegemarannya menulis surat kepada Dewa Neptunus. Surat tersebut dilipat menjadi perahu kertas dan dihanyutkan di sungai atau laut. Kugy menganggap dirinya adalah seorang agen Neptunus. Keenan digambarkan sebagai sosok yang cerdas. Kesukaannya dibidang melukis tidak mendapat restu dari ayahnya. Dia justru diarahkan ke bidang bisnis untuk meneruskan perusahaan ayahnya. Perahu Kertas bukan hanya menceritakan kisah cinta yang simple antara Kugy dan Kennan tetapi kisah cinta yang detail dan terlalu rumit. Mungkin terlihat sederhana sekali dengan cerita mereka, kisah antara Kugy dan Kennan yang berawal dari pertemanan mereka disaat harus belajar di Bandung. Dimana pertemuan mereka berawal disaat Noni yang merupakan sahabat Kugy harus nemani sang pacar yang bernama Eko untuk menjemput sepupunya yang sudah lama tidak bertemu, dan bernama Kennan.

Dan pertemuan tidak sampai disitu saja, berlanjut dengan hobi mereka yang keren, nonton bioskop midnight, sehingga seperti double date, antara Noni – Eko dan Kugy-Kennan. Disaat persahabatan antara Kugy dan kennan yang semakin dekat, Kugy sudah mulai berani untuk menceritakan bahwa dia memiliki hobi membuat cerita dongeng dan juga Kennan yang melukiskan semua kisah dari cerita dongeng ciptaan Kugy.

Konflik mulai muncul disaat Noni yang berencana untuk menjodohkan Kennan dengan seorang cewek cantik yang merupakan sepupunya bernama Wanda. Sehingga membuat hubungan antara Kennan dan Kugy menjadi semakin jauh. Kugy pun berencana untuk menjauh dari semua yang terjadi, dan juga ingin menjauh dari seorang yang bernama Kennan tetapi akhirnya Kugy mengerti bahwa dia sebenarnya sudah mulai menyukai Kennan. Kennan yang harus putus dengan Wandapun dan sudah merasakan kehancuran yang terjadi didalam dirinya dan merasa terusir dari keluarganya sendiri, memilih untuk pergi ke Bali, Ubud bertemu dengan Pak Wayan yang juga hobi melukis, sehingga keinginan Kennan untuk tetap menjadi seorang pelukis semakin ingin diraihnya. Selama Kennan berada dibali, dia selalu teringat dengan Kugy, begitu juga dengan Kugy. Cerita semakin rumit, disaat Kennan yang akhirnya meninggalkan cintanya dan memilih Luhde, keponakan Pak Wayan sedangkan Kugy yang merasakah bahwa pangeran dongengnya tidak akan ada didunia ini, lebih memilih Remi.

Cerita dari Perahu Kertas ini sudah membuat aku tersenyum, menangis, kesal dengan semua konflik yang terjadi didalamnya. Cerita didalamnya terasa begitu mengalir. Untuk yang hoby baca novel romantis. Cinta yang terlalu rumit dan detail membuat kita terhanyut dan seperti merasakan bagaimana perasaan antara Kugy dan Kennan. Selain itu endingnya cukup membuat kita tersenyum.

Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari novel ini. Semangat, perjuangan, impian, kejujuran, dan kerja keras adalah hal yang tak terlewatkan. Novel ini juga bergenre popular, khas gaya tutur anak muda perkotaan, terutama pada dialog-dialog tokohnya.

Sinopsis Novel Remaja Rayya “Cahaya di atas Cahaya”

Rayya adalah seorang artis besar. Multitalented, dia seorang aktris, pemusik, penyanyi, juga bahkan seorang model. Dunia glamor yang diimpikan banyak orang sudah dalam genggaman. Keangkuhan2 yang biasa datang dengan kesuksesan pun direngkuhnya. Tapi, keberhasilan melemahkannya. Ketika suatu sore di coffeshop Rayya di’campakkan’, momentum itu adalah kulminasi dari akumulasi kegalauan Rayya, dan menjadi pemicu yang merubah galau Rayya menjadi sebuah rencana untuk menghentikan hidupnya sendiri. Rencana itu mendapat kesempatan baik untuk terlaksana ketika Rayya harus mengerjakan sebuah project pembuatan autobiografinya. Dalam project itu Rayya diharuskan melakukan perjalanan panjang dari Jakarta sampai Bali. Perjalanan untuk mencari lokasi2 yang indah untuk photo shoot Rayya.

Tanpa ada yang tahu, Rayya punya agendanya sendiri sepanjang jalannya. Rayya membuang airmatanya, membuang harapannya, membuang segalanya tentang dirinya dengan harapan pada akhirnya tak akan ada yang tersisa. Dan kalau bisa melakukannya di depan kamera. Rencana yang culup ekstrim. Datang Arya. Bukan siapa siapa. Seorang fotografer setengah baya yang juga punya masalahnya sendiri. Masalah yang juga sangat bisa juga diselesaikan dengan cara Rayya. Mereka melakukan perjalanan bersama. Perjalanan yang aslinya hanyalah sesi foto menjadi tidak begitu sederhana dengan tambahan permasalahan para pelakunya. ‘Jogetan’, ‘lompatan’, ‘permainan’, mereka berdua menjadikan perjalanan ini sama sekali berbeda dari yang mereka berdua pernah bayangkan.

Perjalanan ini berkendaraan jasad, tapi yang melakukan hijrah tidak hanya jasadnya. Pemahaman, pengetahuan, hati mereka ikut serta melakukan perjalanan panjang yang penuh pengalaman untuk menemukan sejatinya kematian. Untuk menemukan cahaya di atas cahaya.

By Ridwan Virga Septiawan

One comment on “Sinopsis Remaja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s